Jumat, 26 Juni 2015

Olahraga 20 Menit untuk Mencegah Diabetes

Diabetes bisa mengintai siapa saja mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Tapi jika orangtua mau mengajak anak-anaknya untuk berolahraga selama 20 menit maka ini bisa membantu cegah diabetes. Para peneliti mengatakan olahraga selama 20 menit setiap hari yang dilakukan selama 3 bulan bisa membantu mengurangi risiko anak terkena diabetes serta menghilangkan lemak berbahaya di tubuh.

Studi ini mengamati 222 anak usia 7-11 tahun yang tidak aktif dan mengalami kelebihan berat badan di daerah Augusta, Georgia. Diketahui anak yang lebih banyak bergerak akan memiliki kesehatan yang lebih baik. Kita tahu obesitas bisa berkontribusi terhadap perkembangan diabetes tipe 2.

Hasil studi menambah bukti bagi tubuh bahwa aktivitas fisik bisa meningkatkan kesehatan anak-anak, dan waktu yang lebih lama untuk latihan akan memberikan manfaat yang lebih besar terhadap pencegahan diabetes tipe 2.

Pada studi ini kelompok pertama mempertahankan gaya hidupnya yang tidak aktif, kelompok kedua melakukan olahraga selama 20 menit dan kelompok ketiga olahraga 40 menit. Diketahui lamanya waktu olahraga yang efektif untuk cegah diabetes tipe 2 ini adalah 20 menit.

Studi yang diterbitkan dalam Journal of the American Medical Association juga turut mengukur lemak tubuh total, lemak visceral yang menumpuk di perut serta kadar kebugaran dari anak-anak ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar