Jumat, 26 Juni 2015

Sayuran & Buah yang Bisa Bantu Cegah Kanker Payudara

Menurut penelitian, satu dari 10 wanita diperkirakan menderita kanker payudara, yang disebabkan oleh gaya hidup modern. Untuk menghindarinya, mulailah membiasakan diri menjaga kesehatan payudara dengan mengonsumsi makanan sehat.

Rajin mengonsumsi sayuran hijau dan buah-buahan merupakan salah satu cara untuk mengurangi risiko terkena kanker payudara. Berikut beberapa sayuran dan buah yang bisa menjaga kesehatan payudara Anda

» Jeruk

Hampir semua orang tahu bahwa vitamin C merupakan zat antioksidan yang paling kuat, yang secara efektif bisa menjaga kesehatan payudara. Semakin sering mengonsumsinya, semakin banyak pula zat antioksidan dalam tubuh Anda. Buah ini juga memiliki peran penting terhadap peningkatan sitem imun.

» Leci

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa, buah leci diketahui bisa menumpas pertumbuhan sel kanker. Hal ini disebabkan karena leci mengandung sejumlah flavonoid, yang efektif melawan kanker payudara.

Selain itu kandungan vitamin C di dalamnya juga bisa melawan penyakit jantung, menjaga kesehatan tulang, kulit dan jaringan tubuh. Jika demam atau sakit tenggorokan, juga bisa diatasi dengan makan leci. Buah ini juga akan membantu tubuh untuk menyerap nutrisi penting dari makanan.

» Wortel

Penelitian menyebutkan bahwa mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak karotin setiap hari bisa mengurangi resiko kanker payudara. Salah satu sayuran yang banyak mengandung karotin, adalah wortel. Penelitiannya sendiri melibatkan 5.707 wanita dengan penyakit kanker payudara dan 6.389 perempuan sehat. Hasilnya menunjukkan bahwa dengan memakan makanan yang kaya karotin dua kali setiap harinya bisa menurunkan resiko kanker sebesar 17%.

» Brokoli

Senyawa dalam brokoli yang dikenal dengan sulforaphane telah dipelajari sebelumnya untuk efek pada kanker. Studi ini menunjukan bahwa senyawa tersebut bermanfaat untuk mencegah dan menghilangkan sel kanker payudara.

Sebagai objek percobaan, peneliti menggunakan tikus berkanker payudara yang sudah diberikan sulforphane. Mereka memantau jumlah sel kanker dalam batang tumor tikus tersebut. Peneliti menemukan bahwa sel kanker berkurang dan tidak menghasilkan sel tumor baru. Menurut Max S. Wicha, Direktur Universitas Pusat Konfrehensif Kanker, penelitian ini bisa menjadi pengobatan yang potensial. Senyawa brokoli bisa dikombinasikan dengan senyawa lain untuk menghilangkan sel induk kanker payudara.

» Pare

Pare, sayuran dengan rasa pahit ini mempunyai khasiat yang menakjubkan. Pare ternyata bisa melindungi perempuan dari bahaya kanker payudara. Dalam studi yang dipublikasikan di Cancer Research, peneliti menangani sel-sel kanker payudara dari manusia dengan ekstrak pare. Ekstrak pare diketahui bisa memperlambat pertumbuhan dan bahkan membunuh sel-sel kanker payudara tersebut.

Ekstrak pare bisa membunuh sel-sel kanker tanpa mengganggu sel-sel sehat dalam tubuh. Namun kandungan pare yang bermanfaat untuk kesehatan payudara tersebut, masih perlu diteliti lebih lanjut lagi, baik pada hewan maupun manusia. Para peneliti menyarankan terutama kepada wanita, tak ada salahnya untuk mengkonsumsi pare sebagai pencegahan kanker payudara.

» Buah Berri

Semua jenis buah berry bisa melawan berbagai kanker. Tetapi berry hitam mengandung konsentrasi fitokimia yang sangat tinggi, disebut anthocyanin. Anthocyanin itu bisa memperlambat pertumbuhan sel premaligna (penyebab kanker) dan membentuk pembuluh darah baru.

Kandungan vitamin, serat dan antioksidan di dalam buah berry juga membantu menghilangkan radikal bebas dan racun lainnya dari dalam tubuh. Antioksidan dan serat juga memainkan peran penting dalam melindungi tubuh dari segala bentuk kanker, terutama kanker payudara.

» Tomat

Kandungan lycopene dalam tomat bisa membantu melindungi tubuh terhadap kanker payudara, kanker serviks dan penyakit jantung. Zat tersebut juga berpotensi membuat Anda tampak lebih muda, karena beberapa penelitian telah mengungkapkan bahwa lycopene bisa membantu melindungi tubuh terhadap kerusakan akibat sinar UV dari matahari.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar